Lagu Sirih Kuning yang Berasal Dari Betawi

Lagu Sirih Kuning Yang Berasal Dari Betawi

Tahukah Anda jika lagu – lagu daerah di Indonesia kebanyakannya menggunakan istilah kekayaan alam yang dibanggakan dan dimiliki oleh Indonesia? Seperti menyebutkan makhluk hidup yang menjadi kekayaan Indonesia, ataupun sebuah tempat yang mempunyai arti keistimewaan bagi setiap daerahnya masing – masing. Salah satunya lagu Sirih Kuning berasal dari daerah Ibu kota Jakarta.

Lagu Sirih Kuning berasal dari daerah Jakarta, khususnya penduduk asli Betawi dengan sebuah lagu genre pop melayu yang menggunakan sebuah istilah tanaman tertentu sebagai judul lagunya. Jadi, lagu Sirih Kuning merupakan salah satu lagu tradisional yang dimiliki oleh Jakarta.

Sebelum Anda beranjak terlalu jauh untuk mengetahui makna lagu, ada baiknya Anda yang belum tau atau bahkan yang sudah tahu membaca dan memperhatikan lirik dari lagu Sirih Kuning tersebut. Inilah lirik lagu Sirih Kuning secara lengkap :

Kalau tidak, nona, karena bulan, sayang

Tidaklah bintang, ya nona, tidaklah bintang ya nona meninggi hari

Yang putih kuning, ya nona, yang putih kuning, ya nona memang sejodo

Kalau tidak, nona, karena tuan, sayang

Tidaklah kami, ya nona, tidaklah kami, ya nona sampai kemari

Sirih kuning, nona, batangnya ijo, nona

Kami nyanyi, nona, lagi ditampin, nona

Kami menyanyi, ya nona, kami menyanyi, ya nona mohon berhenti

Ani – ani, nona, bukannya waja, sayang

Dipakailah, anak, ya nona, dipakailah anak, ya nona, patang tangkainya

Arti Makna Lagu Sirih Kuning

Lagu Sirih Kuning berasal dari daerah Jakarta ini mempunyai arti tentang aneka keberagaman yang dimiliki oleh Indonesia, keberagaman tersebut sangatlah banyak dan beragam dengan keragaman yang indah, subur dan elok. Lagu Sirih Kuning ini juga merupakan lagunya anak muda, jadi tidak heran jika pantun digunakan sebagai lirik dalam lagu Sirih Kuning.

Secara tidak langsung pun, judul lagu Sirih Kuning sendiri mempunyai arti dari ungkapan bahasa Melayu yang artinya gadis belia elok.

Asal Usul Lagu Sirih Kuning

Lagu Sirih Kuning berasal dari daerah Jakarta ini sudah ada sejak lama, namun dari informasi yang didapatkan oleh penulis belum diketahui kapan lagu itu terbentuk dan juga siapa penciptanya. Yang pasti lagu Sirih Kuning dimainkan dengan menggunakan musik Gambang Kromong yang digunakan sebagai iringannya.

Gambang Kromong sendiri merupakan salah satu musik yang sejenis dengan musik orkestra yang memadukan nada menggunakan gamelan sebagai alat musiknya, seperti Sukong, Tehyan, Kongahyan yang berasal dari Tionghoa. Ketiga alat musik tersebut merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara digesek dengan ukuran yang berbeda.

Hanya itu informasi yang didapatkan oleh penulis mengenai lagu Sirih Kuning berasal dari daerah mana dan juga maknanya, karena tidak ada informasi yang menyeluruh tentang lagu tersebut.

Leave a Comment