Lagu Perahu Layar yang Berasal Dari Jawa Tengah

Lagu Perahu Layar Yang Berasal Dari Jawa Tengah

Indonesia memang memiliki banyak sekali lagu yang berasal dari daerah, terutama di Jawa Tengah. Berbagai musik khas daerah tersebut memang sangat enak didengarkan di segala situasi. Iramanya menyenangkan dan membuat semangat.

Bagi Anda yang menyukai lagu dari Jawa, mungkin salah satu yang tidak asing lagi didengar adalah perahu layar. Banyak orang yang mencari informasi sebenarnya dari mana asal lagu ini. Ada juga yang mencari tahu mengenai apa makna serta liriknya. Dalam artikel ini akan diulas mengenai hal tersebut.

Menurut sejumlah referensi, lagu prau layar ini asalnya tentu saja dari tanah Jawa Tengah. Tembang ini semakin populer di masa kini setelah dipopulerkan oleh alm. Didi Kempot yang memang dikenal sebagai maestro tembang Jawa.

Sejarah Dan Makna Lagu

Dari sejarah dan makna lagu,  perahu layar memang cukup punya arti yang ringan dan menyenangkan. Liriknya berisi ajakan mengenai seseorang kepada temannya agar berwisata ke laut menggunakan perahu untuk menghilangkan rasa penat. Bisa dibilang, dan refreshing bisa membuat pikiran kembali sudah.

Di dalam lagu tersebut juga diceritakan mengenai keadaan di dalam kapal saat mereka bisa bisa tertawa bersama-sama. Hubungan pertemanan semakin erat dan senda gurau akan menghilangkan rasa jenuh di hati.

Pada bagian akhirnya, lagu tersebut berisi pesan besok akan kembali bekerja. Ini memberikan nasihat kepada semua orang, bahwa harus mengingat pada tugasnya dan dijalankan dengan rasa senang serta tanggung jawab.

Siapa Pencipta Lagu Prau Layar

Meskipun cukup populer, banyak yang belum mengetahui Siapa pencipta lagu perahu layar. Ternyata, orang yang membuat lagu adalah Ki Narto Sabdo. Maestro asal Jawa ini memang terkenal melahirkan banyak lagu yang menarik dan enak didengarkan.

Bagi yang belum mengetahui lirik lagu prau layar, busa menyimaknya berikut ini :

Yo konco ning nggisik gembiro

Alerap lerap banyune segoro

Angliyak numpak prau layar

Ing dino minggu keh pariwisoto

Alon praune wis nengah

Byak byuk byak banyu binelah

Ora jemu jemu karo mesem ngguyu

Ngilang ngake roso lungrah lesu

Adik njawil mas jebul wis sore

Witing kalopo katon ngawe-awe

Prayogane becik bali wae

Dene sesuk esuk Tumandang nyambut gawe

Prau layar dalam bahasa Indonesia berarti perahu Layar. Makna yang terkandung di dalamnya yaitu tentang kegembiraan ketika berlibur di pantai saat naik perahu layar. Lagu ini juga menggambarkan bahwa penciptanya ingin menyampaikan Indonesia punya pindahan alam salah satunya wisata pantai.

Setelah mengetahui lagu prau layar berasal dari daerah mana, sejarah dan artinya, tentu saja wawasan anda tentang lagu daerah semakin luas. Berbagai tembang khas daerah ini memang harus dilestarikan, karena menjadi warisan budaya yang berharga.

Leave a Comment