Lagu Panon Hideung yang Berasal Dari Jawa Barat

Lagu Panon Hideung Yang Berasal Dari Jawa Barat

Info tentang lagu panon hideung berasal dari daerah mana, banyak dicari terutama bagi para pelajar maupun siapapun yang membutuhkannya. Umumnya, lagu ini sangat familiar di telinga orang Sunda. Alasannya, liriknya sendiri berasal dari tanah Pasundan tersebut.

Namun ternyata, lagu panon hideung ini bukan diciptakan oleh orang Sunda, melainkan dibuat oleh seniman asal Betawi. Lagu ini juga disebut dengan putri bandung karena ada salah satu liriknya yang mencantumkan kata ini.

Pencipta lagu panon hideung ini adalah komposer besar, Ismail Marzuki. Kabarnya, lagu ini dibuat untuk merefleksikan kekaguman sang seniman terhadap mojang Bandung. Tidak mengherankan, perempuan asal pasundan dikenal punya paras cantik nan menawan.

Sejarah Lagu Panon Hideung

Pada tahun 1940, Ismail Marzuki menyunting Elis Zuraidah yang merupakan seorang primadona klub musik di Bandung. Pernikahan ini bisa saja merefleksikan kecintaan komposer tersebut kepada mojang Priangan seperti yang terungkap dari lirik lagu.

Lagu panon hideung sampai sekarang masih ada dan usianya cukup panjang. Penciptanya sendiri meninggal dunia pada tahun 1958, di daerah tanah Abang Jakarta pusat. Meskipun sudah tiada, namun karya Ismail Marzuki ini tetap dikenang hingga sekarang.

Lagu panon hideung, asalnya dari Jawa Barat dan disadur ulang oleh Ismail Marzuki. Lagu ini memang benar-benar bukan asli dari Sunda karena lagu aslinya sendiri berjudul Ochi Chernye (Dark Eyes).

Ini merupakan lagu rakyat Ukraina yang ditulis oleh penyair bernama Yevhen Hrebinka. Lagu asal Rusia tersebut disadur ulang oleh Ismail Marzuki dengan judul panon hideung yang lekat dengan bahasa Sunda.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana lagu tersebut, ini liriknya:

Panon hideung pipi koneng

Irung mancung Putri Bandung

Putri saha dimana bumina

Abdi reseup kaanjeunna

Siang wengi kaimpi-impi

Hate abdi sararedih

Teu emut dahar

Teu emut nginum

Emut kanu geulis

Panon Hideung

Sedangkan artinya dalam bahasa Indonesia, yaitu sebagai berikut :

Mata hitam pipi kuning

Hidung mancung putri Bandung

Anak siapa di mana rumahnya

Aku suka padanya

Makna Lagu Panon Hideung

Isi lagu panon hideung sendiri menceritakan mengenai gadis Bandung yang digambarkan punya mata hitam dan fisik yang cantik. Siapapun yang melihatnya akan merasa tergila-gila dan senang hingga terbawa mimpi. Inilah yang membuat para lelaki terpesona melihatnya.

Jika anda mengenal gadis Bandung, pasti akan sependapat juga bukan? Terlebih lagi jika memiliki pasangan yang berasal dari tanah sunda. Kekagumannya mungkin seperti Ismail Marzuki.

Itulah arti lagu panon hideung dan dan liriknya yang harus anda ketahui. Jika anda juga penasaran bagaimana cara menyanyikannya, bisa melihat berbagai referensi video maupun audio. Dengan demikian, akan lebih tahu dan menikmati alunan iramanya.

Leave a Comment