Lagu Jaranan yang Berasal Dari Jawa Tengah 

lagu Jaranan Yang Berasal Dari Jawa Tengah 

Sebaran budaya dan kesenian di Indonesia sangatlah luas, dan setiap daerahnya akan mempunyai ciri khas masing – masing. Salah satunya lagu daerah, lagu Jaranan berasal dari daerah Jawa Tengah. Sebenarnya di Jawa Tengah banyak budaya tradisional yang dapat Anda temukan untuk mengidentifikasi daerah ini tergolong daerah yang patut untuk dikunjungi.

Lagu Jaranan berasal dari daerah Jawa Tengah yang diciptakan oleh Ki Hadi Sukatno ini menceritakan tentang bagaimana cara memberikan penghargaan terhadap seseorang, lebih rinci dan dalamnya lagi bagaimana cara seseorang yang lebih muda akan menghargai seseorang yang lebih tua atau bisa juga berkedudukan lebih tinggi.

Sebelum beranjak membahas tentang sejarah lagu Jaranan dan maknanya, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu bagaimana lirik lagu Jaranan tersebut. Inilah liriknya:

Jaranan jaranan jarane jaran teji

Sing nunggang Mas Ngabehi

Sing ngiring para mantri

Jeg jeg nong, jeg jeg gung, prok prok

Turut lurung Gedebug krincing Gedebug krincing prok prok Gedebug jedher

Arti Lagu Jaranan

Lagu Jaranan berasal dari daerah Jawa Tengah ini mempunyai makna secara liriknya sebagai berikut :

 Berkuda berkuda kurang tinggi besar

Yang naik Mas Ngabehi

Yang mengiring para menteri

Jeg jeg nong, jeg jeg gung, prok prok

Menyusuri jalanan Gedebug krincing, gedebug krincing, prok prok Gedebug jedher

Sedangkan secara singkatnya bahwa lagu ini memberikan sebuah nasihat bahwa seseorang harus saling menghormati sesama manusia apalagi terhadap siapa yang lebih tua. Selain  itu juga memberikan makna tentang saling menyayangi satu sama lainnya di antara perbedaan yang ada. 

Asal Usul Lagu Jaranan

Lagu jaranan berasal dari daerah Jawa Tengah ini merupakan tembang atau bisa juga dikatakan sebagai lagu permainan. Dan biasanya lagu Jaranan akan dinyanyikan anak – anak saat sedang bermain jaranan atau kuda – kudaan. Kuda – kudaan sendiri dibuat dari kulit atau semacamnya yang dimainkan dengan cara ditunggangi atau dinaiki.

Jaranan sendiri merupakan sebuah kesenian dalam upacara sakral yang akan berhubungan dengan roh leluhur keraton, namun seiring berkembangnya zaman jaranan digunakan juga sebagai sarana hiburan masyarakat.

Iringan dalam permainan jaranan yaitu lagu Jaranan ini sendiri yang aman dimainkan dengan alat bantu pemusik dengan alat musik seperti kenong, gamelan, kendang, dan gong yang terbuat dari besi ditambah ada kalanya dengan terompet. Dan gerakannya pun sesuai dengan ritme atau irama yang sedang dimainkan oleh pemusik. Jadi, lagu jaranan ini sudah ada sejak lama dimana yang berguna untuk mengiringi permainan jaranan ini.

Demikian informasi yang dapat disampaikan dalam artikel berjudul lagu Jaranan berasal dari daerah Jawa Tengah ini, ditambah dengan makna dan sejarah yang terkandung didalamnya. Semoga dapat membantu.

Leave a Comment