Lagu Cik Cik Periuk yang Berasal Dari Kalimantan Barat

Lagu Cik Cik Periuk Yang Berasal Dari Kalimantan Barat

Indonesia punya banyak sekali ragam tembang khas daerah, yang berasal dari berbagai provinsi. Setiap lambang daerah tersebut tentu punya bahasa berbeda-beda disesuaikan dengan latar belakang masyarakatnya. Kekayaan ini harus dilestarikan dengan cara mengetahui dan mempelajarinya.

Salah satu lagu yang populer adalah cik cik Periuk. Lagu ini memang punya keunikan tersendiri dari segi bahasa. Bagi anda yang mencari informasi seputar lagu daerah ini, maka bisa lanjutkan membaca artikel.

Mengetahui dari mana asal sebuah lagu daerah memang akan menjadikan wawasan lebih luas. Cik Cuk Periuk merupakan lagu daerah yang asalnya dari Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Memang lagu ini punya irama yang menarik dan membuat siapapun senang.

Sejarah dan Makna Lagu Cik Cik Periuk

Lagu cik cik Periuk punya makna mengenai sindiran masyarakat Sambas di zaman dahulu kepada masyarakat pendatang dari luar daerah. Kata cik punya makna bunyi yang berasal dari dalam periuk. Periuk sendiri memiliki arti alat dapur dari logam atau tanah liat yang dipakai untuk memasak nasi.

Kata cik cik tidak boleh dituliskan menggunakan kata penghubung. Alasannya, kata ini bukanlah kata pengulangan. Sedangkan, belanga sumping asalnya dari Jawa yang berarti panci yang sudah rusak di bagian tepinya.

Makna lagu selanjutnya bahwa manusia sekarang terlalu sibuk dengan urusan dunia sehingga melupakan akhirat. Kalau ini memang banyak kita jumpai di sekitar bahwa orang semakin melupakan ibadah.

Arti lainnya yaitu ada orang yang hidupnya serba kekurangan, yaitu gigi ompong dan hidung pesek.  Namun, semua itu adalah ciptaan tuhan yang tidak boleh dihina, karena jika tertawa ketika melihat orang jelek tersebut, makan bisa memperoleh hukuman pancung dari Tuhan.

Pencipta Lagu Cik Cik Periuk

Lagu cik cuk periuk ini tidak diketahui siapakah pencipta nya. Akan tetapi konon menurut sejumlah masyarakat Sambas, lagu ini dibuat oleh suku Dayak di Kalimantan Barat. Selain itu, lagu ini juga sudah ada bahkan sejak 150 tahun lalu. Jadi, sejarahnya cukup panjang.

Anda yang sedang mencari informasi bagaimana lirik lagu cik cik Periuk bisa melihatnya di bawah ini :

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe

Datang nek krcibook bawa kepiting dua ekook

Cik cik periook bilanga sumping dari jawe

Datang nek kecibook bawa kepiting dua ekook

Cak Cak bur dalam bilanga picak idung gigi rongakk

Sape kitawa dolok dipancung raje tunggak hei

Lagu cik cik Periuk yang berasal dari Kalimantan Barat ini, memang memiliki arti yang sangat mendalam. Sebagai manusia, kita harus mensyukuri dan memuji setiap ciptaan Tuhan. Jangan sampai mencelanya karena itu akan bisa mendatangkan hukuman.

Leave a Comment