Lagu Burung Tantina yang Berasal Dari Maluku

Lagu Burung Tantina Yang Berasal Dari Maluku

Ada banyak pertanyaan yang ingin Anda tanyakan terkait lagu Burung Tantina? Termasuk lagu Burung Tantina berasal dari daerah mana? Untuk menjawab rasa penasaran Anda simak ulasan dalam artikel di bawah ini.

Lagu Burung Tantina atau biasa dikenal juga dengan nama Sio Tantina ini merupakan lagu tradisional atau lagu daerah dari Maluku. Jadi, dapat disimpan bahwa lagu Burung Tantina berasal dari daerah Maluku. Selain dari asal daerahnya yang ingin Anda tahu? Pastinya Anda menginginkan pengetahuan  lebih tentang lagu Burung Tantina tersebut termasuk bagaimana makna yang terkandung dalam liriknya serta siapa yang menciptakan lagu tersebut?

Lagu Burung Tantina berasal dari daerah Maluku ini diciptakan oleh Sartje Hehanusa dengan lirik sederhana yang terdiri dari birama 3/4, dimana dalam lagu akan membuat 3 ketukan dalam satu ruas biramanya.

Bagaimana Lirik Lagu Burung Tantina?

Lirik lagu Burung Tantina atau Sio Tantina yang ciptakan oleh Sartje Hehanusa.

Sio Tantina Burung Tantina

Mati dipanah Raja Nirwana

Sio Tantina Burung Tantina

Mati dipanah Raja Nirwana

Sakitnya bukan sakit penyakit

Khabarnya datang dari Sri Rama

Sakitnya bukan sakit penyakit

Khabarnya datang dari Sri Rama

Makna Lagu Burung Tantina

Secara garis besar lagu Burung Tantina berasal dari daerah Maluku ini menceritakan seekor burung Tantina asal Maluku dengan ilustrasi burung Tantina yang sedang di panah oleh Dewa Sri Rama. Kemudian Burung Tantina tersebut tergeletak di antara batu solid  dengan panah yang masih menancap, dan Dewa Sri Rama melihat dari atas Nirwana.

Maluku memang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang mempunyai ragam budaya dan keistimewaan lainya. Selain lagu Burung Tantina, ada juga beberapa lagu tradisional asal Maluku yang bisa Anda pelajari lainnya.

  1. Ayo Mama, menceritakan bujuk rayu seorang anak agar tidak dimarahi oleh mama atau ibunya.
  2. Ambon Manise, menceritakan tentang Ambon yang mempunyai bentuk keadaan yang damai, indah serta masyarakat tentram dan baik.
  3. Burung Kakatua yang bercerita tentang binatang yaitu burung Kakatua itu sendiri yang sedang hinggap di jendela.
  4. Nona Manis Siapa yang Punya menceritakan tentang seorang wanita berbaju merah yang didambakan oleh seorang pria.
  5. Waktu Hujan Sore – Sore menceritakan tentang pesta dansa, dimana orang Ambon memang dikenal sebagai masyarakat yang menyukai berdansa. Hal ini bisa juga dipengaruhi oleh orang Belanda yang dulu pernah ada dalam bagian sejarah.

Itulah informasi seputar hal – hal yang menjadi pertanyaan banyak orang diantaranya lagu Burung Tantina berasal dari daerah mana? Makna lagunya seperti apa? Hingga lagu – lagu daerah lainnya yang ada di Maluku apa saja? Pertanyaan tersebut sudah terjawab walaupun sebenarnya lagu daerah Maluku itu banyak sekali. Kalau Anda penasaran? Langsung cari informasi lanjutannya. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment