Lagu Ayam Den Lapeh yang Berasal Dari Sumatera Barat 

lagu Ayam Den Lapeh Yang Berasal Dari Sumatera Barat 

Tahukan Anda bahwa Indonesia kaya akan lagu daerahnya? Jelas tahu bukan? Ya! Salah satunya lagu Ayam Den Lapeh. Lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah Sumatera Barat. Lagu Ayam Den Lapeh ini merupakan lagu karangan dari Nurseha.

Nurseha merupakan  salah satu personel kelompok musik terkenal pada tahun 1950 – 1960- an dengan nama Orkes Gumarang. Kelompok Orkes Gumarang ini sendiri sebenarnya merupakan pemuda – pemudi asal Sumatera Barat yang merantau di Jakarta dan mendirikan orkes tersebut.

Lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah Sumatera Barat ini diperkenalkan sekitar tahun 1954 dan mempunyai reputasi atau popularitas yang sangat melejit hingga skala internasional, seperti Vietnam, Malaysia hingga Jepang. Bahkan dapat dikatakan lagu dengan lirik yang khas identik bahasa Minang ini menjadi lagu daerah dari Sumatera Barat.

Lirik Lagu Ayam Den Lapeh

Berikut lirik lagu Ayam Den Lapeh secara lengkap :

Luruihlah jalan payakumbuah

Babelok jalan kayu jati

Dima ati indak karusuah

Ayam den lapeh ai ai

Ayam den lapeh

Mendaki jalan pandai sikek

Basimpang jalan ka biaro

Di ma ati indak kamaupek

Awak takicuah ai ai

Ayam den lapeh

Reff :

Sikucapang sikucapang

Saikua tabang saikua lapeh

Tabanglah juo nan kariombo

Oilah malang juo

Pagaruyuang batusangka

Tampek bakalan urang baso

Duduak tamanuang tokk sabanta

Oi takana juo ai ai

Ayam den lapeh

Arti Makna Lagu Ayam Den Lapeh

Lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah Sumatera Barat ini mempunyai makna tentang ayam lepas yang mengisahkan kehilangan. Ayam merupakan disimbolkan sebagai sesuatu yang sangat berharga. Dan dapat Anda lihat pula bahwa dilihat dari sejarahnya orang Minang, bahwa tidak sembarangan orang yang mampu dan bisa memelihara ayam, sehingga dapat dikatakan hanya orang tertentu saja.

Lagu Ayam Den Lapeh ini dinyanyikan dengan gembira dan riang yang berkebalikan dengan makna arti lagu Ayam Den Lapeh tersebut. Alasannya karena lagu Ayam Den Lapeh juga mempunyai makna untuk tidak berlarut – larut dalam kesedihan setelah kehilangan sesuatu yang berharga.

Ada juga beberapa sumber yang menginformasikan bahwa makna lagu Ayam Den Lapeh mengenai seorang perempuan yang kehilangan kekasihnya. Lagu Ayam Den Lapeh ini dikemas dalam syair pantun lama yang dibawakan secara ceria.

Lebih jelasnya lagi, ayam yang disimbolkan atau diibaratkan seekor ayam jago yaitu seorang pria. Sedangkan rimbo dalam lirik atau yang berarti hutan, diartikan sebagai orang lain. Jadi, ayam lepas ke rimba berarti kekasih yang pergi ke orang lain. Selain itu, tentu ada nasihat yang disampaikan yaitu agar setiap manusia selalu menjaga orang yang disayangi.

Itulah sedikit informasi yang didapatkan dari berbagai sumber mengenai lagu Ayam Den Lapeh berasal dari daerah mana? Lirik dan makna lagu yang mendalam menggunakan bahasa Minang atau setempat.

Leave a Comment