Daftar Lagu Daerah yang Berasal Dari Jawa Tengah

Daftar Lagu Daerah Yang Berasal Dari Jawa Tengah

Identiknya setiap lagu daerah mempunyai ciri khasnya masing – masing. Begitu pula dengan lagu daerah Jawa Tengah yang mempunyai lirik sederhana dengan nada yang digunakan ringan. Akan tetapi, makna yang terkandung dalam lirik sangat nya dalam dan filosofi. Berikut daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah.

Daftar Lagu Daerah yang Berasal Dari Jawa Tengah

Lagu Gundul Pacul

Daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah pertama yaitu Gundul Pacul. Lagu Gundul Pacul ini merupakan lagu anak – anak yang menggunakan bahasa Jawa populer. Makna lagu yang disampaikan sangat mendalam yaitu tentang memberi nasihat atau mengingatkan seorang pemimpin yang mempunyai kekuasaan tinggi harus selalu mengutamakan rakyatnya. Sekaligus jika seorang pemimpin tersebut mempunyai kesombongan dalam diri, maka kepemimpinan yang dimiliki akan berjalan sia – sia dan tidak mempunyai manfaat bagi rakyat.

Suwe Ora Jamu

Selanjutnya daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah yaitu Suwe Ora Jamu. Lagu Suwe Ora Jamu sangatlah populer dikalangan nya, lagu yang merupakan ciptakan dari R.C Hardjosubroto dengan penuh arti serta lirik yang sederhana. Selain itu, makna yang penuh dengan makna ini menceritakan tentang dia orang yang sudah lama tidak bertemu. Ketika bertemu justru mengecewakan. Lagu ini dinyanyikan dengan nada yang ringan serta riang.

Cublak – Cublak Suweng

Pasti semua sudah mengenalnya lagu ini bukan? Lagu Cublak – Cublak Suweng yang merupakan lagu anak – anak ini diciptakan oleh Sunan Giri guna menyebarkan atau menyiarkan agama Islam. Dan tentunya lagu Cublak – Cublak Suweng mempunyai makna yang mendalam, lagu ini menceritakan tentang suatu tempat yang berharga yaitu kebahagian sejati yang sebenarnya sudah ada disekitar manusia. Akan tetapi, banyak manusia yang sering lupa dan mencari harta dengan penuh ego, nafsu atau serakah yang menjadikannya orang bodoh yang kebingungan meskipun hartanya berlimpah.

Dondong Opo Salak

Daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah selanjutnya yaitu Dondong Opo Salak. Dondong Opo Salak yang mempunyai arti tentang kehidupan ini lebih tepatnya sebagai manusia pastinya kita akan bertemu dan berhadapan dengan sifat dan karakter yang berbeda – beda. Ada dua arti dimana buah kedondong diibaratkan dengan manusia yang terlihat baik dari luar, akan tetapi karakter dan pikirannya buruk. Sedangkan Salak menggambarkan seseorang yang terlihat buruk di luar, akan tetapi mempunyai sifat dan karakter yang baik.

Selain dari keempat daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah, masih ada lainnya yaitu sebagai berikut.

1. Lagu Lir Ilir

2. Lagu Jaranan

3. Lagu Gambang Suling

Itulah sedikit daftar lagu daerah yang berasal dari Jawa Tengah yang bisa Anda ketahui, sebenarnya masih ada banyak lainnya yang bisa Anda cari sendiri. Akan tetapi, setidaknya ini bisa membantu Anda untuk menambah wawasan.

Leave a Comment