Wah! Jepang Juga Punya Desa Adat Lho..


SHIRAKAWA dan Gokayama merupakan dua desa yang berada di Jepang dan terletak di Prefektur Gifu dan Prefektur Toyama. Masing-masing dikenal sebagai rumah pertanian tradisional yang telah berusia lebih dari 250 tahun.
 
Rumah ini dikonstruksi dengan menggunakan jerami dan berada di kawasan dengan kemiringan yang cukup curam. Namun kawasan ini tetap aman untuk dihuni karena desain jerami memungkinkan rumah untuk menahan dan melepaskan berat hujan salju pada musim dingin.
 
Gaya arsitektur tradisional ini juga telah bertahan selama ratusan tahun karena lokasinya yang terpencil di kawasan hulu sungai Shogawa. Gaya hidup dan budaya desa ini tetap praktis tidak berubah selama bertahun-tahun setelah sebagian besar negara telah dimodernisasi. Banyak rumah-rumah di sini sudah melampaui usia 300 tahun. Dan yang tertua telah dibangun sekitar 400 tahun yang lalu.
 
Rumah berukuran besar biasanya mencakup 3-4 lantai beratapkan rendah. Hal ini dimaksudkan untuk rumah dengan jumlah keluarga cukup banyak. Di bagian bawah biasanya digunakan untuk tempat tinggal dari para petani untuk memproduksi ulat sutra untuk dijadikan benang.
 
Kemudian desa adapt tradisional ini kini menerima perhatian dari dunia dengan ditetapkannya sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada bulan Desember 1995. Desa ini juga dijadikan tujuan wisata populer bagi wisatawan lokal maupun asing.

Post a Comment

0 Comments