Trik-Trik Ajaib Bikin Anak Ketagihan Membaca


Membiasakan si kecil untuk gemar membaca sejak dini bisa sangat membantu perkembangan mental dan belajarnya. Sayangnya, tidak semua anak bisa dengan mudah menyukai kegiatan membaca. Anda sebagai orang tua harus mengambil peran sebagai orang pertama yang memperkenalkan dan mendorong anak Anda untuk keranjingan membaca. Tenang saja, di bawah ini ada sejumlah trik ajaib yang bisa membuat anak Anda keranjingan membaca dalam waktu sekejap.

Beri "Bintang Emas"
Anak-anak paling suka diberi imbalan atau hadiah. Seperti yang dilansir oleh Oprah.com,imbalan untuk setiap anak yang mau membaca bisa berbeda-beda. Jika anak Anda paling mudah termotivasi jika diberi sebuah medali berupa guntingan kertas yang dibentuk dan diwarnai emas seperti bintang, Anda bisa memberikannya setiap kali anak Anda berhasil membaca beberapa halaman dalam sehari. Dengan jumlah bintang tertentu, Anda bisa menjanjikan hadiah yang lebih besar lagi.

Penuhi Rumah dengan Buku-Buku 
Rumah yang dipenuhi banyak buku akan membuat anak Anda tertarik untuk membaca. Selain itu, Anda mungkin bisa buat tempat khusus untuk buku-buku yang paling disukai atau diminati anak Anda. Sebagai contoh, jika anak Anda sangat menyukai dinosaurus, Anda bisa memilihkan sejumlah buku yang berkaitan dengan dinosaurus. Ketika anak mulai terstimulasi rasa ingin tahunya, ia akan sendirinya mau membaca.

Tunjukkan Bahwa Banyak yang Bisa Dibaca
Ketika mendengar kata membaca, anak-anak biasanya akan membayangkan bahwa kegiatan membaca adalah kegiatan berdiam diri dengan buku di tangan. Tunjukkan dan sampaikan bahwa kegiatan membaca itu sangat luas. Ketika mencari informasi di internet, itu juga termasuk membaca. Ketika melihat tulisan di toko atau supermarket, itu juga merupakan kegiatan membaca. 

Membaca Bersama dengan Suara Lantang
Anak adalah peniru yang ulung. Mereka akan menjadi pembaca jika orang tuanya juga adalah pembaca. Sebagai orang tua, Anda juga harus menunjukkan minat yang tinggi terhadap kegiatan membaca. Selain itu, sisihkan waktu untuk membaca bersama dengan suara lantang. Membaca bersama dengan suara yang lantang akan membuat anak Anda ikut mengucapkan kata-kata Anda serta melatih kemampuan pengucapan mereka.

Variasikan Tempat Membaca
Membaca tidak harus dalam ruangan yang sama setiap harinya. Anda bisa mengajak anak Anda untuk membaca di luar ruangan atau di luar rumah agar bisa selalu mendapat semangat baru ketika membaca. Mungkin Anda mau coba membaca sambil menikmati pemandangan di atas bukit bersama dengan anak Anda?

Post a Comment

0 Comments