Makanan Yang Disarankan Untuk Memperlancar ASI


Menyusui adalah tugas utama ibu setelah melahirkan. Sejak bayi sudah tidak tergantung nutrisi di rahim, ia harus diberi makanan dengan cara menyusui. Saat dilahirkan, organ bayi belum sepenuhnya terbentuk sempurna. Hanya ASIlah yang sesuai dengan organ pencernaan bayi.

Tidak ada larangan bagi seorang ibu untuk memberikan susu formula, namun ketahuilah bahwa ASI adalah susu yang paling sempurna untuk bayi, karena nutrisinya sangat kompleks. Salah satu problem yang membuat ibu tidak memberikan ASI pada bayinya adalah jumlah ASI yang tidak cukup. Bahkan ketika sudah dipompa sekalipun, jumlah ASI yang keluar hanya sedikit.

Agar ASI yang keluar jumlahnya cukup banyak dan bisa kebutuhan makan si kecil, Anda bisa mengonsumsi beberapa makanan yang fungsinya untuk memperbanyak jumlah ASI. Disarankan juga untuk menghindari makanan pedas, karena memberikan dampak langsung terhadap susu yang membuat susu susah dicerna bayi.

Dilansir Boldsky.com, inilah makanan yang dianjurkan agar jumlah ASI Anda banyak:

Aneka sayuran
Sayuran adalah pilihan terbaik bagi Anda saat menyusui bayi. Sayuran yang disarankan seperti brokoli, labu, serta kacang-kacangan yang menjadi diet sehat bagi ibu.

Buah-buahan
Selain sayuran, buah-buahan yang bergizi dan kaya serat bisa menjadi sumber kalori sehat bagi ibu. Anda bisa mengonsumsi buah apel, jeruk, pepaya, dan lain sebagainya.
Biji-bijian
Biji-bijian mengandung karbohidrat kompleks yang penting untuk bekal menyusui. Karbohidrat ini bisa diperoleh lewat kacang hijau, kacang merah, beras merah dan juga gandum.

Buah kering
Buah kering seperti kismis, kurma, secara tradisional biasanya diberikan kepada ibu menyusui karena kandungan kalorinya yang cukup tinggi. Membantu membangun kalori di dalam tubuh, kemudian meningkatkan produksi ASI.

Ikan
Ikan juga dianggap sebagai salah satu makanan terbaik yang dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Mengandung lemak essensial yang baik untuk tubuh, Anda bisa menambahkan sedikit rempah-rempah untuk membuatnya lebih sedap saat dimakan.

Produk susu
Selain makanan di atas, disarankan juga untuk mencukupi kebutuhan produk susu. Anda bisa memperoleh nutrisinya dari susu sapi, keju, yogurt, atau bahkan mentega.

Teh herbal
Teh dengan tambahan herbal seperti jahe, chamomile atau peppermint jauh lebih dianjurkan ketimbang minuman lainnya. Dan sebaiknya memang menghindari minuman bersoda atau minuman dengan bahan pengawet.

Air kelapa atau teh cukup memberikan nutrisi penting bagi tubuh sepanjang menyusui.
Selain langkah di atas, Anda juga bisa memberikan massage pada payudara sehingga rasa nyerinya berkurang dan air susu bisa keluar dengan lancar.

Post a Comment

0 Comments