Inilah Tantangan Terberat Saat Baru Membangun Karir!


Langkah dan tangga awal memulai karir bisa jadi yang terberat di sepanjang perjalanan karir Anda. Saat baru saja mendapatkan pekerjaan baru atau karir baru, Anda harus siap menghadapi sejumlah tantangan ini. Seperti yang dilansir oleh thecareercafe.co.uk,ada setidaknya lima tantangan terberat yang harus Anda hadapi.

Pertama, memelajari proses dan prosedur baru. Sekitar 44 persen pekerja mengaku bahwa memelajari proses dan prosedur yang baru adalah tantangan terberat pertama yang harus mereka hadapi ketika baru memulai karir di tempat atau kantor yang baru.

Kedua, mengenal atasan dan rekan kerja yang baru. Tantangan ini dialami oleh sekitar 20 persen pekerja yang baru. Mengenal orang-orang baru dan bisa diterima di dalam lingkaran kerja tersebut butuh proses. Setiap orang memiliki caranya tersendiri untuk bisa benar-benar mengakrabkan diri dengan orang-orang baru di tempat kerja yang masih baru ini.

Ketiga, memelajari teknologi dan alat-alat baru di tempat kerja. Saat berada di kantor atau tempat keja yang baru, Anda juga harus membiasakan diri dengan teknologi dan alat yang biasa digunakan di tempat kerja yang baru tersebut. Sekitar 17 persen pekerja yang baru mengaku ini adalah tantangan yang harus mereka hadapi.

Keempat, menyesuaikan diri dengan budaya perusahaan. Setiap perusahaan atau kantor memiliki budayanya sendiri. Memang tidak semua hal yang ada di dalam budaya kantor tersebut sesuai dengan, misalnya, idealisme Anda. Namun, yang perlu diperhatikan adalah bagaimana caranya agar Anda bisa tetap menunjukkan kinerja yang baik tanpa harus membuat rekan kerja Anda yang lain merasa terganggu atau terbebani. Apalagi jika Anda adalah pegawai baru, bisa dikatakan bahwa Anda memulai segala sesuatunya dari nol lagi.

Kelima, masalah personal. Ketika memulai sebuah pekerjaan baru, setiap orang memiliki masalahnya tersendiri. Hal ini bisa berkaitan dengan kepribadian Anda atau pengalaman Anda yang sebelumnya. Tantangan ini hanya Anda sendiri yang bisa mengatasinya. Namun, tak ada salahnya juga untuk meminta bantuan orang lain.

Lalu, bagaimana cara mengatasi tantangan-tantangan tersebut? Ada banyak sekali cara, seperti meninjau ulang harapan Anda, mencari sebuah panutan atau contoh, belajar untuk melihat, mendengar, dan belajar, pergi keluar untuk makan siang bersama dengan rekan kerja lain, dan bertanya. Apakah Anda pernah mengalami tantangan seperti di atas? Jika iya, silakan berbagi pengalaman Anda dan bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut.

Post a Comment

0 Comments