7 Cara Agar Tidak Kekurangan Vitamin D


Vitamin D merupakan nutrisi yang larut dalam lemak. Membantu menyehatkan tulang, mencegah peradangan tulang, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Kekurangan vitamin D menyebabkan tubuh rentan terhadap nyeri tulang, menurunkan mood serta problem kesehatan lainnya.
Dewasa ini, penelitian menunjukkan bahwa wanita memang cenderung beresiko menderita problem tulang ini. Untuk itu, disarankan agar wanita mengonsumsi 600 IU vitamin D setiap harinya.
Dari manakah didapatkan kecukupan vitamin D ini? Dilansir Livestrong.com, inilah beberapa hal mendapatkan asupan vitamin D.
Jamur
Jika Anda mengira bahwa jamur adalah menu yang remeh, jamur ternyata punya kandungan vitamin D yang cukup tinggi. Peneliti Beltsville Human Nutrition Research Center menunjukkan bahwa jamur jenis portebello mengandung 446 IU vitamin D untuk setiap 3,5 onsnya.
Sarden
Konsumsi ikan sarden akan membantu mencukupi kebutuhan 165 IU vitamin D. Selain itu, ia juga kaya akan kalsium di mana ikan ini bisa dinikmati secara keseluruhan hingga ke tulangnya.
Telur
Tak perlu takut akan berita bahwa kolesterol pada kuning telur berbahaya. Kuning telur tidak cukup memenuhi kebutuhan kolesterol tubuh, apabila Anda makan sebutir telur saja setiap hari, ia akan memenuhi kebutuhan 40 IU vitamin D.
Bila masih kurang yakin dan ingin kolesterolnya berkurang, Anda bisa makan putihnya saja.
Salmon
Jenis ikan ini memang tak bisa diremehkan. Mengandung omega-3, salmon mencukupi 450 IU vitamin D yang dibutuhkan tubuh.
Hati sapi
Biasanya Anda bisa menemukan hati sapi dalam menu masakan Padang, Hati sapi memang punya kolesterol tinggi, tetapi ia juga menyediakan 33 Iu vitamin D.
Matahari
Berjemur matahari selama 5-30 menit dua kali seminggu akan membantu mencukupi kebutuhan tubuh akan vitamin D. Tetap memakai sunblock dan agar kulit terlindungi dari radiasi sinar UV yang dapat menyebabkan kanker.
Mengonsumsi suplemen
Salah satu cara termudah dan sederhana untuk mendapatkan asupan vitamin D adalah melalui konsumsi suplemen. Beberapa jenis suplemen memenuhi setidaknya 50% kebutuhan vitamin D setiap hari.
Agar tulang tetap sehat dan kuat hingga tua, konsumsi vitamin D sejak dini yuk.

Post a Comment

0 Comments