4 Penyebab Tak Terduga Yang Bikin Anda Belum Hamil


Jika sampai sekarang Anda masih memiliki problem kehamilan padahal saat memeriksakan kondisi kesuburan Anda dan suami baik-baik saja, percayalah bahwa stres adalah penyebab yang paling harus disalahkan. Dulu, pernyataan ini dianggap sebagai anekdot belaka, namun belakangan studi membuktikan bahwa hal ini benar.
500 orang wanita bergabung dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan di jurnal Human Reproduction, seperti dilansir Yahoo Shine. Hasilnya, menunjukkan bahwa stres memang secara ilmiah sangat mempengaruhi kesuburan seorang wanita. Menurut Courtney Lynch PhD, profesor epidemiologi dari Ohio State University, dijelaskan bahwa stres akibat berbagai macam hal diam-diam telah menjadi musuh dalam selimut. Menurunkan tingkat kesuburan bahkan setelah 5-6 bulan melakukan hubungan intim.
Selain itu sebenarnya ada 4 penyebab lain, yaitu:
Kondisi kebersihan gigi yang buruk
Apakah Anda termasuk wanita yang menyepelekan kebersihan gigi? Tak jarang memang rasa malas atau dingin mendorong Anda ke atas tempat tidur dan bermain ponsel sampai tertidur. Melupakan kegiatan gosok gigi, dan membiarkan kuman bersarang bebas di dalam rongga mulut.
Sebuah penelitian yang diadakan tahun 2010 di European Society of Human Reproduction and Embryology menemukan bahwa kondisi gigi buruk dan gusi yang sering mengalami peradangan bahkan lebih dari 5 bulan adalah salah satu penyebab Anda sulit hamil. Peneliti mengatakan lebih lanjut bahwa peradangan yang Anda alami di gigi sangat berhubungan erat dengan kerusakan organ yang ada di seluruh tubuh, termasuk sistem reproduksi wanita.
Inilah mengapa wanita sebaiknya selalu rajin membersihkan rongga mulut dan menggosok gigi.
Minum susu rendah lemak
Kedengarannya selalu sehat, tetapi sebuah penelitian yang ditemukan universitas Harvard begitu mengejutkan. Wanita yang minum susu rendah lemak dua atau lebih dari dua kali sehari punya resiko 85% sulit hamil. Adalah sistem ovulasi di dalam tubuh wanita yang dapat terganggu ketika minum susu rendah lemak.
Uniknya, mereka yang justru terbiasa minum susu full fat, hanya 25% saja menghadapi resiko kesulitan hamil.
Mengalami penyakit seksual
Penyakit seksual menular juga menyebabkan problem dalam kesuburan. Misalnya saja chlamydia, gonorrhea, atau pelvic inflammatory disease dapat menyebabkan kerusakan tuba faloppi secara permanen.
Terlalu sering berolahraga
Olahraga lebih dari 5-6 jam per minggu ternyata juga mempengaruhi kesuburan Anda. Wanita dengan BMI di bawah 25 punya kecenderungan gangguan pada sistem reproduksi karena tubuh membaca bahwa dirinya sedang mengalami stres.
Jadi ladies, berolahragalah dalam waktu yang wajar, atur nutrisi makanan Anda dengan baik, dan berusahalah mengatur stres Anda agar tubuh Anda siap hamil.

Post a Comment

0 Comments