Uwajima Ushi-Oni Matsuri, kemeriahan acara penyucian di Jepang


Jepang memiliki beragam festival unik yang patut untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Uwajima Ushi-Oni Matsuri.

Uwajima Ushi-Oni Matsuri merupakan acara penyucian diadakan setiap tahun pada tanggal 22-24 Juli di Uwajima, Prefektur Ehime, Jepang. Festival ini berasal dari sebuah insiden invasi Jepang ke Korea, yang kala itu coba dilakukan oleh Toyotomi Hideyoshi. Invasi ini dilakukan sebanyak dua kali. Invasi pertama disebut Pengepungan Jinju (1592), sedangkan invasi kedua dilakukan pada 1593, namun sayangnya gagal.

Festival ini dirayakan dengan banyak acara seperti parade dan pertempuran Ushi-Oni, serta kembang api dan lomba tari. Apa itu Ushi-Oni? Ushi-Oni adalah makhluk aneh yang tubuhnya berbentuk seperti sapi, tetapi memiliki kepala ogre yang disebut oni. Seperti dilansir jnto.go.jp, Uwajima Ushi-Oni Matsuri diadakan pada siang hari.
ddd
Atraksi terbesar dari festival ini adalah sebuah acara yang disebut Hashirikomi. Acara ini dihelat pada malam tanggal 24. Tiga kuil portabel akan diangkut oleh sebuah kapal dari Pelabuhan Uwajima ke muara Sungai Sukagawa. Kuil-kuil itu kemudian dipanggul oleh para pemuda yang energik, yang sanggup mengarungi sungai di tengah kegelapan malam. Mereka bahkan hanya mengandalkan pencahayaan obor.
ddd
Photo by flickr.com/seajackal

Ketika para pemuda itu tiba di depan Kuil Warei-jinja, mereka menari di sekitar tiang bambu suci yang didirikan di sungai, sambil membawa kuil portabel yang mereka panggul. Mereka kemudian memanjat tiang bambu dan bersaing untuk tetap berada di atas.

Post a Comment

0 Comments