Setelah Membaca Ini Anda Akan Rajin Aerobik


Sebagai bentuk anjuran kesehatan, sejak kecil hingga lansia sangat penting untuk berolahraga. Selama ini mungkin kebanyakan saran kesehatan mengarahkan manfaat olahraga untuk menjaga kesehatan dan menguatkan otot serta membakar lemak tubuh. Ternyata ada manfaat lain yang sangat besar pengaruhnya untuk hidup Anda Ladies. 

Dilansir dari mindbodygreen.com, kemampuan otak akan menurun seiring berjalannya waktu terutama karena pertambahan usia. Menurunnya kemampuan otak terutama pada bagian memori menyebabkan setiap orang memiliki resiko terkena Alzheimer. Para ilmuwan belakangan ini meneliti apakah memang kemampuan otak menurun berdasarkan usia itu wajar terjadi atau ada kemungkinan untuk menumbuhkan sel otak yang baru pada usia berapapun.

Pertumbuhan sel otak sangat dipengaruhi oleh protein yang disebut BDNF. Tetapi jangan salah, bukan obat atau jenis nutrisi tertentu yang dapat meningkatkan BDNF. Berdasarkan eksperimen yang dilakukan pada binatang, ternyata latihan aerobik menyebabkan naiknya level BDNF yang secara langsung mampu membantu pertumbuhan sel baru di hippocampus yang mana bisa menjadi booster untuk memori otak.

 Setelah mengetahui fakta tersebut, peneliti akhirnya menerapkan percobaan tersebut pada manusia. Tim peneliti dari University of Pittsburgh mengumpulkan scan MRI dari 120 responden. Kemudian 60 orang diminta untuk melakukan stretching 3 kali seminggu sedangkan sisanya melakukan aerobik dengan jadwal yang tetap 3 kali seminggu. Dan hasilnya sangat mengejutkan. 

1 tahun kemudian 2 grup tersebut dievaluasi kembali. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh menunjukkan bahwa grup yang hanya melakukan stretching mengalami penurunan kemampuan memori, ukuran hippocampus, dan level BDNF, sedangkan grup yang rutin melakukan aerobik menunjukkan naiknya BDNF, ukuran hippocampus, dan tentu saja merasakan perbaikan pada kemampuan memori mereka.

Ladies, sudah tidak ada alasan yang lebih baik lagi kan untuk menunda aerobik?

Post a Comment

0 Comments