Hewan Ini Hidup Selama 1400 Tahun


Ilmuwan menemukan bahwa Hydra magnipapillata merupakan spesies yang bisa hidup dalam waktu yang sangat lama. Ilmuwan mengungkap, hewan ini bisa hidup selama 1.400 tahun.

Dilansir Scientificamerican, Senin (10/2/2014), pada 1998, salah satu ahli biologi mengungkap bahwa makhluk hidup berukuran sekira 0,2-0,6 inci dan memiliki tentakel ini terus memperbarui sel-sel mereka sendiri. Ini bisa mencegah penuaan dan mencapai keabadian biologis.

Spesies Hydra magnipapillata merupakan salah satu dari lusinan organisme yang dipelajari dalam studi keragaman penuaan (aging diversity). Hydra memiliki siklus hidup aneh yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya.

Mortalitas atau tingkat kematian pada spesies ini rendah untuk waktu yang tidak dapat ditentukan. Para peneliti melaporkan dalam jurnal Nature.

Dalam penelitian di laboratorium terkontrol, peneliti mengestimasi bahwa lima persen dari populasi Hydra akan tetap hidup setelah 1.400 tahun.Wikipedia menerangkan, Hydra memiliki empat hingga dua belas tentakel.

Spesies ini memperpanjang tentakelnya dan menunggu hingga makanan menyentuh tentakel. Kemudian, tentakel ini mengirimkan makanan ke mulut, menelan dan mencernanya. 

Spesies ini bisa mereproduksi atau berkembangbiak dengan tiga cara. Pertama ialah dengan cara reproduksi seksual. Hydra juga bisa berkembangbiak dengan cara tunas dan secara tidak langsung melalui regenerasi.

Post a Comment

0 Comments