Stroganina, hidangan 'Sashimi' ala Rusia


Pernah dengar Stroganina? Stroganina adalah hidangan ikan beku dari Yakutia, di utara Rusia. Ini merupakan hidangan musim dingin, yang berasal dari olahan ikan beku Sungai Arctic seperti whitefishes, salmon putih, cisco atau sturgeon.

Hidangan ini disajikan dengan saus yang terbuat dari garam dan lada hitam bubuk. Menu unik ini terkadang juga dihiasi dengan whortleberries liar merah dan hijau. Hidangan stroganina terbaik biasanya terbuat dari ikan yang baru ditangkap.

Penasaran dengan rasanya? Menurut masyarakat Yakutian, stroganina punya rasa yang lembut, segar dan dingin. Hidangan ini sepintas memang mirip dengan sashimi Jepang, karena disantap dalam keadaan mentah. Bedanya, stroganina dimakan dalam keadaan benar-benar beku.
menu

Untuk membuat stroganina, kita harus membuat lubang-lubang kecil yang dibor pada lapisan atas sungai yang membeku. Kemudian menarik ikan-ikan itu keluar dari air. Setelah itu, ikan akan dibiarkan beku pada suhu udara minus 25 derajat Celcius.

menu
Kepala ikan digesek-gesekkan ke es selama 15 sampai 20 menit, sampai mereka mati dan akhirnya membeku. Ikan itu kemudian diiris menjadi potong-potongan kecil setelah melalui 10 sampai 12 jam pembekuan, untuk menghindari pencairan prematur. Stroganina yang disajikan dalam keadaan meleleh dianggap sebagai sebuah penghinaan oleh masyarakat Yakutian.

Tertarik untuk merasakannya? Waktu terbaik untuk menyantap stroganina adalah antara bulan Desember dan Februari.

Post a Comment

0 Comments