NASA Bakal Pelajari Atmosfer Bumi


NASA baru-baru ini mengumumkan rencana baru untuk mempelajari atmosfer Bumi. Badan antariksa Amerika Serikat ini juga mengungkap beberapa rencana misi luar angkasa.

Dilansir Technobuffalo, NASA mengungkap sejumlah proyek Mars dan rencana untuk lima misi luar angkasa baru. Badan antariksa ini juga akan melibatkan tiga satelit dan dua instrumen yang dipasangkan ke ISS.

NASA akan meluncurkan dua instrumen baru ini untuk diterbangkan ke ISS antara Februari dan November tahun ini. Teknologi baru yang dikembangkan NASA akan digunakan untuk memonitor atmosfer Bumi.

Pemantauan ini akan dilakukan terus-menerus untuk mengukur karbondioksida di udara, air dalam tanah, hujan, angin samudera serta lapisan awan. Data yang diperoleh akan dianalisis untuk menghasilkan prakiraan cuaca.

Hal ini pada gilirannya akan membantu memberikan para ilmuwan informasi untuk proyeksi iklim jangka panjang. Laporan terbaru menemukan bahwa 2013 merupakan salah satu periode suhu Bumi terpanas yang diukur sejak 133 silam.

Ilmuwan mengatakan, misi ini akan membantu dan memperluas sistem observasi NASA. Badan antariksa yang berkantor pusat di Washington, Amerika Serikat ini juga akan mengukur dinamika lapisan es kutub dan penggunaan sumber air oleh manusia.

Tiga satelit baru akan diluncurkan di 2014. Yang pertama, Global Precipitation Measurement Core Observatory pada 27 Februari, Orbiting Carbon Observatory-2 pada Juli serta Soil Moisture Passive pada November. 

Post a Comment

0 Comments