Ini tempat mengejutkan yang jadi sarang kuman di rumah


Anda tentu sudah mengetahui beberapa tempat dalam rumah yang bisa menjadi sarang kuman, seperti remote televisi, dudukan toilet, meja dapur, dan lainnya. Namun baru-baru ini peneliti menemukan tempat-tempat baru yang secara mengejutkan juga menjadi tempat bersarangnya kuman dan bakteri dalam rumah.

Peneliti menemukan beberapa tempat baru di kamar mandi, dapur, dan ruang keluarga yang dihuni banyak kuman. Salah satu tempat paling mengejutkan yang menjadi sarang kuman adalah pembuat kopi, ungkap Sarah Humphreys, editor dari Real Simple Magazine.

"Anda bisa membersihkan filter pada alat pembuat kopi, namun minyak dari tanah atau mineral pada air di dalamnya akan mengumpulkan bakteri dari waktu ke waktu," ungkapnya.

Lebih lanjut Sarah menyarankan agar setiap orang yang memiliki pembuat kopi membersihkannya setiap enam bulan sekali secara menyeluruh dan menggunakan cuka putih pada air untuk membersihkannya.

Tempat lain yang menjadi sarang kuman di dapur adalah tempat makanan hewan peliharaan. Sarah menyarankan agar anda membersihkan mangkuk tempat makanan hewan peliharaan setiap hari. Selain itu, kenop pada oven atau kompor juga menjadi salah satu tempat yang paling berkuman dan penuh bakteri.

Yang paling berkuman di kamar mandi sebenarnya bukan hanya dudukan toilet, melainkan tembok kamar mandi Anda. Tembok kamar mandi jarang sekali diperhatikan dan tak terlihat berkuman. Padahal faktanya, ketika Anda menyiram air pada toilet, kuman akan melompat ke tembok di dekatnya. Ini membuat tembok kamar mandi juga menjadi tempat yang penuh kuman dan bakteri.

Pegangan sikat gigi adalah tempat lain yang paling berkuman di kamar mandi. Perhatikan tempat Anda menyimpan sikat gigi, karena bakteri suka pada tempat yang lembap, dan gelap, serta tak pernah dibersihkan. Pastikan Anda sering membersihkan pegangan sikat gigi.

Di ruang keluarga, beberapa tempat penuh bakteri yang jarang dibersihkan antara lain remote televisi, tombol lampu, dan mainan untuk hewan peliharaan Anda. Mulai saat ini sebaiknya waspada beberapa tempat di atas. Ketika membersihkan rumah, perhatikan juga tempat-tempat tersebut dan bersihkan dengan benar secara teratur.

Post a Comment

0 Comments