China Uji Coba Pesawat Berkecepatan Hipersonik


China dilaporkan telah menguji coba pesawat dengan kecepatan gelombang suara hipersonik. Pesawat ini merupakan pesawat tempur yang dilengkapi dengan teknologi canggih. 

Uji coba pesawat tempur berkecepatan tinggi ini tepatnya dilakukan pada 9 Januari lalu, namun pemerintah Negeri Tirai Bambu tersebut baru mengonfirmasikan hari kemarin. Kementerian Pertahanan China menegaskan, percobaan pesawat tempur berkecepatan suara ini tak perlu dikhawatirkan.

Pesawat dengan nama WU-14 ini terbang dengan kecepatan sebuah misil pesawat tempur di langit China beberapa kali. Pada uji coba itu tercatat kecepatan WU-14 mencapai Mach 10, atau 10 kali lebih cepat dari kecepatan rambat gelombang suara.

Seperti dilansir LiveScience, Senin (20/1/2014), teknologi pesawat tempur berkecepatan hipersonik ini dapat digunakan untuk menyerang target dengan serangan beruntun yang sangat cepat, sebelum lawan mampu membalas tembakan. Jarak yang jauh pun tak jadi masalah jika menggunakan pesawat ini.

China bukanlah satu-satunya negara yang menguji coba pesawat tempur berkecepatan suara ini. Seblumnya Amerika Serikat juga melakukan penerbangan uji coba untuk pesawat tempur berkecepatan suara.

Post a Comment

0 Comments