Bokor Hill Station, Sejarah Kelam Pusat Hiburan


Bangunan tua dan lusuh tak berarti minim daya tarik. Di balik tembok usang, ada banyak sejarah bersembunyi. Seperti Bokor Hill Station di Kota Wisata Kamboja. Walau diselimuti hawa mistis, rasa penasaran pengunjung tak juga redup.

Mereka tetap ingin mengintip bangunan di atas bukit yang besi-besinya sudah berkarat ini. Cat temboknya juga terkikis cuaca selama bertahun-tahun. Peralihan zaman membawanya menjadi bangunan tua yang mencolok di atas bukit.

Bokor Hill Station punya masa lalu yang kelam. Penjajah Perancis mendirikannya, sekaligus mengisi kisah demi kisah yang hingga kini masih mewarnainya. 

Dulu, koloni Perancis meminta para budak bekerja keras untuk membangun Bokor Hill Station, dilengkapi perjanjian dan selesai pada tahun 1925. Selama proses konstruksi, diyakini hampir seribu nyawa warga Kamboja melayang. 

Setelah jadi, tempat ini dijadikan pusat hiburan berupa hotel dan kasino. Ada juga kantor pos, toko-toko dan apartemen. Penduduk Phnom Penh sering menginap di sana untuk mencari udara sejuk. Tapi orang-orang Eropa telah mengabaikan keadaan Bokor Hill Station pada 1940-an.

Kota Wisata hidup kembali di era 1950an dan 1960an, namun kembali terlantar di 1970an. Penyebabnya sangat mistis, lantaran kota ini dihuni hantu-hantu. Namun wisatawan dan fotografer sangat menggandrunginya, mengabadikan bangunan sebagai sesuatu yang artistik.

Post a Comment

0 Comments