Berat Tak Turun? Ini 5 Kesalahan Saat Diet


Apakah Anda sedang melakukan diet namun tak kunjung melihat perubahan yang berarti? atau Anda telah melakukan berbagai kegiatan olah tubuh tapi berat badan belum juga berkurang?

Jika hal di atas terjadi pada Anda, apa yang Anda pikirkan? Mungkin ada yang salah dengan diet Anda. Seperti yang dilansir dari sheknows.com, berikut 5 kesalahan yang harus Anda hindari ketika diet:

1. Melewatkan Sarapan
Banyak yang mengatakan jika sarapan itu sangat penting dalam sehari, kenapa? Ketika Anda bangun di pagi hari, Anda telah berpuasa selama delapan jam atau lebih. Maka pada pagi hari tubuh Anda mengalami kekurangan nutrisi. Jika Anda membiarkan hal ini, otot Anda kekurangan energi sehingga sistem metabolisme tubuh terganggu terutama kemampuan otot untuk membakar kalori. Beberapa penelitian membuktikan bahwa sarapan pagi dapat mencegah Anda

makan berlebih pada jam makan tertentu. Memulai hari dengan memilih nutrisi yang tepat akan membuat Anda cenderung memilih asupan gizi yang baik pula pada jam makan berikutnya.

2. Mengandalkan Pil Diet
Sudah wajar jika beberapa wanita memilih menggunakan pil diet untuk membantu program dietnya. Tetapi pernah kah Anda melihat wanita dengan bentuk tubuh yang seksi dan ideal selain pada iklan pil diet?
Pil diet yang beredar di pasaran sangat beragam jenisnya, tapi hanya beberapa saja atau mungkin tak satu pun yang bisa bekerja seperti yang diharapkan. Diet alami akan menjadi pilihan yang efektif, aman, dan dapat bertahan lama.

3. Makan Terlalu Sedikit
Makan tiga kali sehari merupakan kebutuhan minimum agar tubuh tetap sehat dan berenergi. Tapi sebaiknya Anda makan 3 kali sehari dan menambahkan snack sehat setidaknya 2 kali sehari.
Kebanyakan wanita makan terlalu sedikit dengan melewatkan sarapan atau makan siang. Ketika tubuh melakukan aktivitas tanpa asupan gizi yang cukup, pada malam hari tubuh cenderung membutuhkan asupan makanan lebih banyak.

Sedangkan pada malam hari, karena aktivitas Anda juga berkurang maka tubuh pun hanya mampu membakar sedikit kalori.

4. Tidak Konsisten
Masih ingatkah resolusi Januari ini Anda akan menurunkan berat badan? Mungkin pada beberapa hari pertama Anda melakukannya dengan baik, tetapi berlanjut pada bulan Februari Anda mulai melewatkan sarapan dan makan siang.

Resolusi tinggal kenangan, kemudian Anda mencoba lagi dan mengalami hal yang sama. Anda akan belajar di sini bahwa usaha tanpa konsistensi tidak akan membuat Anda berhasil mendapatkan tubuh yang Anda idamkan.

5. Kurang Tidur
Tidur yang cukup sering menjadi faktor yang diabaikan. Jika Anda telah merasa menjalankan program diet dengan benar, perhatikan pola tidur Anda. Apakah Anda beranjak tidur pada jam-jam yang wajar?
atau Anda mendapat tidur 8 jam sehari? Stres akan diperparah oleh sedikitnya waktu Anda tertidur, tubuh akan melepaskan hormon kortisol yang menyebabkan tubuh Anda sulit kehilangan lemak.

JIka Anda menjalani program diet dan belum menunjukkan hasil, coba cek mungkin saja Anda melakukan kesalahan di atas. Berkomitmenlah untuk memperbaikinya dalam seminggu dan ingat untuk selalu konsisten, maka tubuh yang indah akan menjadi milik Anda.

Post a Comment

0 Comments